7 Important Steps You Should Take Before Developing a Mobile Game App

Pasar game seluler telah meledak selama beberapa tahun terakhir. Faktanya, ada hampir 2,69 miliar pemain game seluler di seluruh dunia. Selain itu, aplikasi game seluler mendominasi pendapatan App Store dengan pangsa 66%. Melihat pertumbuhan pasar yang luar biasa ini, keputusan Anda untuk membangun aplikasi game seluler akan terbukti menguntungkan. Tapi, ini hanya mungkin jika Anda datang dengan aplikasi game seluler yang inovatif dan kuat. Untuk membuat aplikasi game seluler yang sukses dan memastikan keberhasilannya, Anda harus menekankan beberapa pekerjaan pra-pengembangan. Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus Anda ikuti sebelum memulai proyek pengembangan game seluler untuk mendapatkan kesuksesan besar dengannya.

Meneliti Pasar Secara Menyeluruh

Sebelum Anda mulai mengerjakan ide aplikasi game Anda, Anda harus mendapatkan pemahaman mendalam tentang pasar game dan niche khusus Anda. Anda perlu mengidentifikasi dan memahami tren dan penawaran saat ini di pasar, audiens target Anda, pesaing, dan aspek penting lainnya. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengenali celah yang dapat diisi oleh aplikasi game Anda dan menawarkan pengalaman yang unik dan lebih baik kepada calon pemain game.

Anda dapat menjelajahi Google Play Store dan Apple App Store untuk mengidentifikasi aplikasi game yang serupa dengan ide Anda. Jika Anda menemukan aplikasi serupa, Anda dapat menganalisisnya dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, strategi, dan nilai jual uniknya. Namun, jika Anda tidak menemukannya, itu akan menjadi poin plus bagi Anda.

Memilih Platform yang Tepat

Membuat pilihan platform atau OS yang cerdas dapat membuat perbedaan besar dalam keberhasilan aplikasi game seluler Anda. Pastikan Anda memilih platform dengan hati-hati dengan mempertimbangkan semua aspek penting. Semua platform, termasuk android, iOS, Windows, dan Blackberry, memiliki jumlah pengguna dan popularitas yang berbeda. Jadi, pertimbangkan untuk memilih OS yang digunakan dan disukai oleh calon gamer Anda. Jika Anda ingin membangun aplikasi game untuk satu aplikasi, maka pengembangan aplikasi asli akan menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin memperluas jangkauan aplikasi game Anda, maka membuat aplikasi game untuk berbagai platform akan menjadi yang terbaik. Hal ini dapat dicapai melalui solusi pengembangan aplikasi Hybrid atau Cross-platform.

Tentukan Tumpukan Teknologi

Langkah penting berikutnya adalah memilih tumpukan teknologi yang paling tepat dan kuat sesuai dengan platform yang Anda pilih. Tumpukan teknologi memiliki peran penting dalam membuat aplikasi game seluler berkualitas tinggi. Oleh karena itu, pastikan Anda memilihnya dengan cermat. Jika Anda telah memutuskan untuk mengembangkan aplikasi hybrid, maka Anda dapat menggunakan teknologi seperti HTML 5, Javascript, CSS, dll. Untuk mengembangkan aplikasi Native untuk Android, Anda dapat menggunakan teknologi seperti Android SDK, JAVA, atau Kotlin, dll. Aplikasi game asli iOS Anda dapat menggunakan teknologi seperti Objective C, Swift, Xcode, Java, atau PhoneGap. Selain platform, Anda harus mempertimbangkan aspek lain, seperti fitur, fungsionalitas, kompleksitas ide, dll. Misalnya, Anda mungkin ingin membuat aplikasi game yang didukung 2D/3D atau AR/VR. Dalam hal ini, menggunakan mesin Unity 3D akan sangat membantu.

Memutuskan Opsi Monetisasi

Selain mengembangkan aplikasi game yang menarik, Anda juga harus fokus mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan. Ini mengharuskan Anda untuk memutuskan opsi monetisasi sebelum pengembangan. Anda perlu mengidentifikasi cara paling efektif untuk menghasilkan keuntungan melalui aplikasi game Anda. Berikut adalah modul monetisasi paling populer yang dapat Anda pertimbangkan untuk menghasilkan uang langsung dari aplikasi game Anda.

  • Pembelian dalam Aplikasi: Dalam model ini, Anda dapat menjual item game tertentu seperti kehidupan ekstra, petunjuk teka-teki, aksesori untuk karakter game, dll. Pemain hanya dapat membeli item ini di aplikasi Anda. Ini tidak hanya membantu Anda memperoleh pendapatan yang baik tetapi juga meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.
  • Iklan Dalam Aplikasi: Ini adalah salah satu cara yang terjangkau namun terbukti untuk menghasilkan uang melalui aplikasi game Anda. Anda dapat menyertakan iklan berbayar di aplikasi. Namun, pastikan Anda tidak membahayakan pengalaman pengguna untuk ruang iklan tambahan.
  • Gratis: Anda dapat mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi game Anda secara gratis, tetapi dapat mengenakan biaya untuk konten atau fitur tertentu yang pengguna tidak keberatan mengeluarkan uang untuk itu.
  • Premium: Jika Anda yakin tentang kualitas tinggi konten dan ide game Anda, Anda mempertimbangkan opsi premium. Pengguna harus membayar untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi game Anda.
  • Langganan: Ini sangat mirip dengan model freemium, tetapi dapat membantu Anda menghasilkan aliran keuntungan yang baik.
  • Sponsor: Setelah Anda mendapatkan basis pengguna yang besar, Anda dapat bermitra dengan merek dan pengiklan terkenal yang dapat membayar tindakan pengguna atau mensponsori aplikasi Anda.

Tentukan Strategi Pemasaran dan Promosi

Selain strategi monetisasi, Anda juga harus fokus pada strategi pemasaran dan promosi untuk mendapatkan kesuksesan maksimal dengan aplikasi Anda. Merencanakan strategi pemasaran sebelum pengembangan akan membantu Anda menghasilkan buzz di sekitar aplikasi game Anda bahkan sebelum diluncurkan. Ada beberapa cara Anda dapat memasarkan aplikasi game Anda secara efektif seperti branding, pemasaran konten, Pengoptimalan App Store (ASO), pemasaran influencer, pemasaran email, dan banyak lagi. Ini akan membantu Anda meningkatkan unduhan, keterlibatan pengguna, dan pada akhirnya mengungguli persaingan.

Memilih Perusahaan Pengembangan Game Seluler yang Andal

Kualitas dan kesuksesan aplikasi game Anda akan sangat bergantung pada pengembang atau perusahaan pengembangan game yang Anda sewa. Karena pengembangan game seluler adalah investasi besar, Anda harus ekstra hati-hati dengan setiap keputusan Anda. Pastikan Anda memilih perusahaan pengembang aplikasi game paling andal yang dapat membantu Anda memaksimalkan investasi Anda. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan saat mencari perusahaan pengembang game.

  • Pengalaman
  • Keahlian Teknologi
  • Portofolio
  • Ulasan
  • Dukungan dan Pemeliharaan
  • Bantuan Pemasaran
  • Pengembang dan Desainer Game
  • Waktu penyelesaian
  • Kerahasiaan dan Keamanan Proyek
  • Biaya

Pastikan untuk memeriksa semua poin di atas sebelum membuat keputusan akhir.

Membuat Produk Minimum yang Layak

Cara terbaik untuk memastikan keberhasilan ide aplikasi game Anda adalah dengan membangun dan meluncurkan Minimum Viable Product (MVP). Ini akan menjadi versi dasar aplikasi game Anda dengan beberapa fitur penting. MVP sebagian besar bertindak sebagai penguji beta yang memungkinkan Anda memahami kinerja aplikasi game Anda. Ini menyelamatkan Anda dari membuat keputusan yang salah dan meluncurkan aplikasi game yang sempurna dan berkinerja tinggi yang dapat melibatkan banyak audiens.

Bagaimana Betfoc Dapat Bermanfaat dalam Proyek Pengembangan Game Seluler Anda?

Sangat bagus jika Anda memiliki ide aplikasi game yang unik. Namun, ini tidak akan cukup untuk memulai bisnis game yang menguntungkan. Dengan mengikuti semua langkah di atas, Anda tidak hanya dapat mengubah ide Anda menjadi kenyataan, tetapi juga memulai usaha yang menguntungkan. Betfoc, sebagai salah satu perusahaan pengembangan game seluler terkemuka, dapat sangat membantu dalam perjalanan Anda. Kami terkenal karena mengembangkan aplikasi game interaktif dan dinamis untuk Android, iOS, dan Web. Kami mengembangkan aplikasi permainan untuk berbagai genre, seperti kasino, permainan papan, eSports, permainan kartu, dan banyak lagi. Kami berpengalaman dalam menyediakan solusi pengembangan game Unity 3D terdepan di industri berdasarkan ide dan persyaratan unik klien.

Author: webmaster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *