How Gamification can Help in Your Brand Promotion?

Game adalah salah satu hal kuat yang melibatkan orang untuk waktu yang lama. Menyadari fakta ini, pengusaha cenderung memanfaatkan teknologi game secara maksimal. Dan ini tidak hanya terbatas pada pengembangan aplikasi game. Ya, ada beberapa cara bisnis memanfaatkan konsep game, termasuk gamification. Bayangkan aplikasi non-game Anda memiliki elemen game tertentu seperti roda keberuntungan. Bagaimana ini akan membantu? Ini tentu saja akan meningkatkan minat pengguna pada aplikasi Anda dan mendorong mereka untuk tetap menggunakan aplikasi untuk waktu yang lebih lama. Inilah bagaimana gamifikasi berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan sejumlah bisnis online. Menggunakan gamification dalam promosi dan pemasaran dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna, tingkat konversi, dan akhirnya penjualan.

Jika Anda telah merencanakan promosi dan kampanye pemasaran yang efektif untuk aplikasi atau situs web Anda, Gamification harus menjadi pertimbangan Anda. Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus dan bagaimana Anda dapat menggunakan strategi yang efektif ini. Posting ini akan menjawab semua pertanyaan Anda dan memberi tahu Anda pentingnya mengintegrasikan gamification ke dalam kampanye Anda.

Apa itu Gamifikasi?

Gamification adalah konsep menggabungkan elemen dan mekanik game ke dalam aplikasi non-game untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong partisipasi dan keterlibatan pengguna. Anda dapat menggunakan berbagai elemen desain game, seperti papan peringkat, game sebenarnya, lencana pencapaian, dan banyak lagi ke dalam aplikasi Anda untuk menyampaikan pesan merek Anda secara efisien dan melibatkan lebih banyak pengguna. Dengan menggunakan gamifikasi dalam strategi promosi Anda, Anda dapat menarik pengguna dan membujuk mereka untuk melakukan tindakan tertentu dengan cepat tanpa penundaan.

Fakta dan Statistik Menarik Tentang Gamification

  • Berdasarkan Penelitian Orbis laporan, pasar gamification di seluruh dunia diperkirakan mencapai 32 miliar dolar, pada tahun 2025.
  • Pada tahun 2024, CAGR pasar gamifikasi diprediksi meningkat sebesar 30,1% dibandingkan tahun 2019.
  • Pada tahun 2020, pasar gamifikasi global bernilai $9,1 miliar, yang diprediksi akan tumbuh pada CAGR sebesar 27,4% pada tahun 2025.
  • Gamification dapat membantu bisnis menumbuhkan interaksi konsumen hingga 40%.
  • Dengan bantuan grup gamifikasi Gamify, KFC Jepang membuat konten game yang membantu mereka meningkatkan penjualan di dalam toko hingga 106%.
  • Pendapatan Starbucks meningkat sebesar $2,65 miliar setelah peluncuran aplikasi Rewards, sementara program keanggotaannya membantu meningkatkan pelanggan setia sebesar 25%.

Informasi di atas mungkin cukup untuk mengartikulasikan efektivitas dan popularitas gamification. Pasar gamifikasi terus berkembang dan mendapatkan daya tarik yang baik dari bisnis.

Contoh Merek Terbaik Menggunakan Gamification

Lihat beberapa contoh yang menunjukkan bagaimana merek teratas telah menggunakan gamification dalam promosi dan menyaksikan hasil yang sangat baik dengannya.

Starbucks

Starbucks telah memberikan contoh terbaik dalam menggunakan gamification dalam promosi merek. Ini telah memperkenalkan program “My Starbuck Rewards” yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin dan memenangkan hadiah yang lebih besar setelah pembelian mereka. Aplikasi Starbucks Rewards memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan pendapatan merek sebesar $2,65 miliar. Selain itu, ide gamifikasi ini membantu merek untuk meningkatkan jumlah pelanggan setia secara signifikan.

Bangsa Samsung

Samsung telah memperkenalkan fungsi yang menarik untuk meningkatkan interaktivitas pengguna dan memotivasi mereka untuk belajar dari pengguna lain. Fitur ini memungkinkan pengguna menonton klip video dan mengkomunikasikan masalah. Pengguna yang paling aktif menerima lencana di setiap tingkat kemajuan.

KFC

Dengan bantuan Gamify KFC Japan membuat kampanye pemasaran yang tidak hanya mengedukasi pelanggan tetapi juga mendorong mereka untuk mencoba item menu bertema udang baru mereka. Mereka menggunakan gamifikasi dalam bentuk game seluler di mana pengguna dapat memukul udang yang jatuh dari layar (mirip dengan Fruit Ninja). Program Serangan Udang KFC memimpin merek untuk memperkenalkan lini produk baru.

Klub Nike + Lari

Untuk membawa pengalaman pelanggan ke tingkat berikutnya, Nike memperkenalkan aplikasi The Nike + Run Club, yang memungkinkan para atlet untuk bergabung dengan komunitas pelari. Pengguna juga dapat mengukur upaya mereka dan mengikuti program pelatihan yang disesuaikan dengan tujuan mereka. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi statistik balapan di jejaring sosial dan berpartisipasi dalam tantangan untuk memenangkan piala dan lencana. Semua ini bersama-sama menciptakan mekanisme kompetitif, yang mengarah pada gamifikasi yang efektif. Aplikasi ini tidak hanya membantu merek dalam mempertahankan pengguna tetapi juga dalam meningkatkan kredibilitasnya di komunitas olahraga.

Manfaat Utama Gamification dalam Promosi dan Pemasaran Merek

Sekarang Anda mungkin ingin tahu apa yang membuat semakin banyak merek mengadopsi strategi gamification. Dan jawabannya adalah manfaat. Gamifikasi ketika digunakan dalam promosi merek dapat memberikan beberapa manfaat, seperti di bawah ini:

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Orang-orang dari semua kalangan menikmati bermain game karena ini adalah sarana hiburan yang ampuh. Inilah sebabnya mengapa menggunakan elemen game di aplikasi atau situs web non-game Anda dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna. Saat calon pelanggan Anda menemukan konten gamified di aplikasi atau situs web Anda, rasa ingin tahu mereka meningkat dan mereka tidak bisa menahan diri untuk mengkliknya. Selain itu, konten game membuat mereka tetap terlibat untuk waktu yang lebih lama.

Meningkatkan Tingkat Konversi

Tingkat keterlibatan pengguna yang meningkat juga berdampak baik pada tingkat konversi Anda. Pengguna menikmati elemen game sepenuhnya di platform Anda tanpa menyadarinya bahwa itu adalah bagian dari strategi pemasaran mereka. Dengan gamification, mereka lebih cenderung melakukan tindakan yang diperlukan dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya. Misalnya, ketika Anda menambahkan hadiah ke program gamifikasi, itu akan mendorong calon pelanggan untuk mengambil tindakan, yang mendorong tingkat konversi yang lebih baik.

Tingkatkan Jumlah Pelanggan Loyal

Meskipun memperoleh pelanggan baru merupakan faktor penting untuk merek Anda, mempertahankan yang sudah ada sama pentingnya. Dan gamification membantu Anda dengan hal yang sama. Saat pelanggan berinteraksi dengan elemen game, mereka menganggap merek Anda cukup menarik dan kredibel untuk terus sering kembali. Konten gamified di situs web atau aplikasi Anda membantu pelanggan mengenal merek Anda dengan mudah. Karena rasa kedekatan, pelanggan cenderung menempatkan merek Anda pada prioritas setiap kali mereka berencana untuk membeli.

Ini hemat biaya

Dibandingkan dengan banyak strategi pemasaran, gamification telah terbukti lebih hemat biaya. Meskipun elemen gamifikasi tertentu mungkin terlihat mahal dan memakan waktu, tetapi untungnya tidak demikian. Anda dapat menerapkan gamifikasi ke situs web atau aplikasi Anda tanpa meningkatkan anggaran pemasaran sekaligus menghemat banyak waktu.

Pengumpulan Data Lebih Mudah

Data terbukti membantu dalam memprediksi keberhasilan strategi pemasaran Anda dan meningkatkannya. Dengan data pelanggan yang akurat, Anda dapat membuat pilihan yang tepat terkait pemasaran dan promosi. Oleh karena itu, mengumpulkan data konsumen sama pentingnya untuk kampanye pemasaran dan promosi yang efektif. Mempermainkan aspek tertentu dari aplikasi atau situs web Anda membantu Anda memikat pengguna untuk memberikan informasi pribadi mereka. Anda mendapatkan data pelanggan yang diperlukan tanpa melanggar undang-undang privasi apa pun. Misalnya, Anda dapat meminta pengguna untuk memberikan nama mereka dan detail lainnya untuk membuka kunci level game atau mendapatkan nama mereka di papan kepemimpinan.

Manfaat di atas dengan jelas menunjukkan bahwa gamifikasi dapat menjadi strategi yang paling menguntungkan dan berdampak untuk mempromosikan bisnis Anda. Tapi, hanya jika Anda melakukannya dengan cara yang benar.

Tips Efektif untuk Menggunakan Gamification dengan Berhasil

Berikut adalah beberapa tips efektif yang harus Anda pertimbangkan untuk membuat kampanye gamifikasi Anda berhasil.

Ketahui Target Audiens Anda

Tujuan utama Anda dengan gamification adalah untuk melibatkan audiens dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia. Karena itu, tekankan pemahaman audiens target Anda dengan tepat. Ketahui jenis kelamin, usia, lokasi, dan preferensi audiens target dan rencanakan kampanye gamifikasi yang efektif yang dapat menarik pengguna.

Promosikan Kampanye

Langkah penting dalam membuat kampanye Anda sukses adalah membiarkan lebih banyak orang mengetahuinya. Pilih cara yang paling berdampak untuk mempromosikan kampanye gamifikasi Anda. Anda dapat menggunakan platform media sosial untuk menyampaikan kepada audiens potensial tentang kampanye gamifikasi dan mendapatkan perhatian mereka. Pemasaran email adalah pendekatan terbaik lainnya yang dapat Anda pertimbangkan.

Tawarkan Hadiah

Berikan kesempatan kepada pengguna untuk memenangkan hadiah menarik. Ini akan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan program gamification Anda. Jika kampanye Anda baru, pertimbangkan untuk menawarkan hadiah kecil.

Tetap Sederhana

Pastikan program gamifikasi Anda sederhana sehingga pengguna target dapat mengaksesnya dengan lancar. Gamification harus menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna daripada membingungkan mereka. Jika memerlukan lebih banyak waktu untuk mengetahui program gamified Anda daripada benar-benar memainkannya, pengguna mungkin merasa frustrasi dan meninggalkan platform Anda selamanya.

Buat Kampanye Gamifikasi Anda dengan Bantuan Pakar

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya gamifikasi, inilah saat yang tepat untuk mengadopsinya untuk promosi merek Anda. Pastikan Anda menggunakan elemen dan alat permainan terbaik untuk membentuk kampanye permainan yang berhasil. Alat gamifikasi paling populer yang dapat Anda pertimbangkan adalah papan peringkat, game pemenang instan, bonus, hadiah, pengingat tugas, dan banyak lagi. Jika Anda masih merasa sulit untuk memasukkan gamification ke dalam kampanye pemasaran digital Anda, kami siap membantu Anda. Betfoc adalah salah satu perusahaan pemasaran digital andal yang dapat Anda andalkan untuk strategi gamifikasi yang efektif.

Author: webmaster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *