How Much Does It Cost to Develop a Custom Application?

Jadi, Anda memiliki ide aplikasi yang menakjubkan dan ingin mewujudkannya, bukan? Namun, Anda mungkin memiliki beberapa keraguan tentang pengembangan aplikasi khusus yang menyebabkan penundaan. Dan biaya tetap menjadi salah satu perhatian terbesar saat berinvestasi dalam ide aplikasi apa pun.

Apakah mengembangkan aplikasi sesuai anggaran saya?

Akankah pengembangan aplikasi menghabiskan banyak uang?

Apa yang memengaruhi biaya pengembangan aplikasi dari awal?

Banyak pertanyaan terkait moneter seperti itu mungkin membombardir Anda. Kami mengenali ini dengan baik. Oleh karena itu, kami telah membuat posting terperinci tentang biaya pengembangan aplikasi khusus. Posting blog ini akan menjelaskan semua faktor penting yang memengaruhi biaya pengembangan aplikasi dan akan membantu Anda merencanakan anggaran dengan tepat.

Pemilihan Pengembang Aplikasi (Freelancer atau Perusahaan Pengembangan Aplikasi)

Adalah fakta bahwa keberhasilan aplikasi Anda, terlepas dari idenya, akan sangat bergantung pada mitra pengembangan yang Anda pilih. Anda harus memilih mitra paling andal yang dapat memberi Anda bantuan menyeluruh untuk mengembangkan dan meluncurkan aplikasi terbaik. Untuk ini, Anda memiliki dua opsi utama yaitu mempekerjakan pengembang aplikasi lepas atau perusahaan pengembangan aplikasi. Kedua opsi ini sangat baik dengan caranya sendiri, memiliki beberapa pro dan kontra.

Mempekerjakan pengembang lepas mungkin tampak sebagai pilihan yang terjangkau, tetapi ada kerugiannya juga. Mengembangkan aplikasi tidak hanya membatasi penulisan kode. Ini melibatkan lebih banyak pekerjaan, termasuk perancangan UI/UX, pengujian, wireframing, dan banyak lagi. Satu orang tidak dapat mengerjakan semua aspek proyek, karena memerlukan keahlian dan pengetahuan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mempekerjakan profesional lepas yang berbeda untuk setiap pekerjaan, yang pasti akan membebani Anda lebih dari yang diharapkan. Selain itu, keamanan dan kerahasiaan proyek dapat menjadi perhatian ketika bekerja dengan profesional lepas.

Di sisi lain, jika Anda memilih perusahaan pengembangan aplikasi khusus yang terkenal, Anda akan memiliki tim profesional yang lengkap yang mengerjakan proyek Anda. Dari manajemen proyek hingga desain hingga pengembangan dan pengujian, akan ada orang yang berdedikasi menangani berbagai aspek proyek. Selain itu, Anda akan memiliki jaminan kerahasiaan penuh dengan menandatangani perjanjian kerahasiaan. Perusahaan pengembang aplikasi yang andal juga memberikan dukungan dan pemeliharaan setelah penerapan aplikasi.

Mempertimbangkan semua fakta di atas, menyewa perusahaan pengembangan aplikasi akan terbukti menjadi solusi hemat biaya. Sebuah perusahaan mungkin menghabiskan biaya lebih dari $1,50.000 untuk membangun aplikasi yang sepenuhnya disesuaikan, sedangkan mempekerjakan seorang freelancer mungkin menghabiskan biaya sekitar $90.000. Anda mungkin harus mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk menyewa perusahaan, tetapi Anda akan menyaksikan kualitas terbaik dan hasil yang lebih cepat.

Lokasi Pengembang

Negara atau wilayah geografis perusahaan atau pengembang pengembangan aplikasi memiliki dampak signifikan terhadap biaya keseluruhan. Pengembang di wilayah geografis yang berbeda akan memiliki tarif per jam yang bervariasi. Misalnya, pengembang di negara-negara seperti Inggris, Amerika Selatan, atau Australia, mungkin berharga antara $50 hingga $110 per jam, sementara pengembang di India dan negara-negara Asia lainnya berharga antara $30 hingga $40 per jam. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dengan lokasi saat menyewa mitra pengembangan.

Platform atau OS

Faktor terpenting lainnya yang mempengaruhi biaya pengembangan aplikasi adalah pilihan sistem operasi atau platform. Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat aplikasi asli baik untuk iOS atau Android atau memilih untuk membuat aplikasi lintas platform. Biaya bervariasi secara drastis untuk kedua opsi. Aplikasi asli secara khusus dikembangkan untuk satu platform, yang berarti aplikasi asli Android tidak akan berfungsi di iPhone, itu hanya akan berjalan di perangkat Android. Sebaliknya, aplikasi lintas platform dikembangkan untuk berjalan di semua platform utama, termasuk iOS, Android, dan web.

Biasanya, aplikasi Native hadir dengan UI/UX yang lebih tajam tetapi agak mahal dan memakan waktu dibandingkan dengan lintas platform. Untuk mengembangkan aplikasi asli, Anda harus siap menghabiskan antara $20.000 hingga $25.000 atau lebih. Di sisi lain, aplikasi lintas platform memerlukan basis kode tunggal dan dapat berjalan di platform yang berbeda. Oleh karena itu, mereka lebih mudah dan lebih cepat untuk dibangun. Biaya pembuatan aplikasi lintas platform dapat berkisar antara $15.000 hingga $20.000.

Fitur dan Fungsi

Fitur adalah apa yang membuat aplikasi menarik dan bermanfaat bagi pengguna. Oleh karena itu, mereka adalah pertimbangan utama saat memutuskan biaya pengembangan aplikasi secara keseluruhan. Tentu saja, aplikasi dengan serangkaian fitur dasar akan lebih murah dibandingkan dengan aplikasi dengan fitur kompleks. Selain itu, semakin banyak fitur yang dimiliki aplikasi Anda, semakin banyak pengembangan yang dibutuhkan setiap jam, yang pada akhirnya meningkatkan biaya. Selain fitur, fungsionalitas aplikasi Anda juga akan memengaruhi waktu dan biaya pengembangan. Ada berbagai jenis aplikasi seperti aplikasi game, dinamis, aplikasi perusahaan, dan lainnya, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Kompleksitas Aplikasi

Kompleksitas ide aplikasi Anda juga akan memengaruhi biaya pengembangan secara keseluruhan. Kompleksitas aplikasi dapat dibagi menjadi sederhana, tingkat menengah, sedang, dan tinggi. Aplikasi sederhana seperti MVP dapat berharga mulai dari $10.000 hingga $40.000, sedangkan aplikasi yang sangat kompleks dapat dikenakan biaya lebih dari $100000. Kompleksitas desain, backend, integrasi pihak ketiga, dan lebih banyak lagi bervariasi dalam waktu pengembangan, yang pada akhirnya mengubah struktur biaya.

Dukungan dan Pemeliharaan

Biaya pengembangan aplikasi tidak terbatas pada pemrograman dan perancangan saja. Bahkan setelah pengembangan dan peluncuran aplikasi Anda, Anda harus mengeluarkan cukup uang untuk memastikan keberhasilannya. Anda harus memastikan kelancaran fungsi aplikasi setelah tersedia untuk pengguna. Selain itu, aplikasi Anda harus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan pengguna dan tren pasar. Semua ini dimungkinkan dengan pemeliharaan yang tepat dan dukungan pasca-rilis, yang perlu Anda sertakan dalam keseluruhan anggaran Anda.

Pemeliharaan aplikasi dapat mencakup beberapa tugas seperti pengoptimalan kode, perbaikan bug berkelanjutan, penambahan fitur baru, peningkatan skalabilitas, kinerja, dan stabilitas, memastikan dukungan untuk visi OS baru dan layanan pihak ketiga, dan banyak lagi. Biaya pemeliharaan keseluruhan akan bervariasi tergantung pada tugas tertentu yang diperlukan untuk aplikasi Anda. Namun, Anda dapat mempertimbangkan biaya pemeliharaan aplikasi menjadi 10-20% dari biaya pengembangan.

Mencari Solusi Pengembangan Aplikasi Kustom yang Hemat Biaya?

Saat mengembangkan aplikasi dari awal, Anda harus mempertimbangkan semua faktor di atas untuk perencanaan anggaran yang tepat. Namun, pastikan Anda tidak memilih biaya daripada kualitas saat memilih mitra pengembangan. Betfoc memberi Anda solusi pengembangan aplikasi yang paling hemat biaya sehingga Anda tidak berkompromi dengan biaya atau kualitas. Kami adalah salah satu perusahaan pengembangan aplikasi seluler terkemuka dengan pengalaman industri yang luas. Kami memiliki tim pengembang, desainer, manajer proyek, insinyur QA, dan lebih banyak profesional yang memiliki pengalaman langsung dalam mengembangkan aplikasi khusus untuk iOS, Android, dan web. Kami membangun aplikasi khusus kelas atas untuk berbagai industri, termasuk iGaming, game, hiburan, dan banyak lagi.

Author: webmaster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *